Asosiasi

Asosiasi Big Data & AI (Perkumpulan Basis Data Ind)

Ketum: Dr Rudi Rusdiah; Sekum I: Saryana Sudirapradja; Sekum II: FX Winarto; Bendahara: Tom Malik Anggota ABDI Perusahaan;individu; Lembaga di supply chain data dari producer hingga pengguna data. Kategori member: Data Infrastrutur;Data Producer; Data Custodian/Processor; Data Technology (Analytics; Warehouse); Data Science; Data Security (Block Chain); AI ; Data Governance

Kegiatan: Association Partner for Conference; Workshop National maupun Regional/Global. Menyelenggarakan DataGovAI 2018 Summit & Awards 17-18 Oktober 2018 ABDI memfasilitas komunikasi, kolaborasi antar masyarakat; industry; regulator; pemerintah ; akademi agar dapat memanfaatkan data menghasilkan insight institusi; pemerintah, aplikasi artificial intelligent (AI) tanpa merugikan kepentingan privacy individual dan stakeholder; perlindungan data serta meningkatkan kedaulatan data bagi masyarakat, industry dan negara RI.

2016 (Lengkap admin 2017)
Perkumpulan No AHU-0077916.AH.01.07 2016
http://www.abdi.id
Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi
32 anggota
  1. ASPIMTEL (Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi) adalah sebuah Asosiasi yang, mewadahi perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembang infrastruktur dan menara telekomunikasi;
  2. Memberikan pelayanan bagi kebutuhan operator penyelenggara telekomunikasi nirkabel;
  3. Menjadi mitra kerja pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi era globalisasi dengan memanfaatkan jaringan infrastruktur menara yang handal;
  4. ASPIMTEL didirikan pada tanggal 20 April 2005 oleh 6 (enam) anggota pendiri dan saat ini memiliki anggota sebanyak 32 perusahaan penyedia Infrastruktur dan Menara Telekomunikasi.
2005
Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia

Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia atau disingkat “APMI” berdiri sejak tanggal 24 Oktober 2002 yang didirikan oleh empat perusahaan operator Multimedia besar di Indonesia yang antara lain PT Indosat Mega Media (IM2), PT Broadband Multmedia Tbk yang sekarang dikenal PT First Media Tbk, PT Matahari Lintas Cakrawala yang sekarang dikenal PT MNC Sky Vision Tbk serta PT Indonusa Telemedia yang sekarang dikenal Transvision , hingga sekarang APMI telah berkembang menjadi 26 (Dua Puluh Enam ) anggota yang meliputi perusahaan Operator Penyiaran Televisi Berlangganan, Produser Animasi, Operator Telekomunikasi , Perusahaan UKM Start Up bidang teknologi informasi dan Universtas.

Sejak berdirinya APMI telah menyelenggarakan kegiatan dan program kerjanya berupa Breakfast Meeting, Workshop Animasi, Executive Meeting Up Dates ,Focus Group Discusion ,Industry Knowledge, Teknikal support dan Regulatory dalam rangka mewujudkan visi dan misinya berupa Pengembangan Industri Multimedia melalui pengembangan broaband beserta industri creative digital yang ada didalamnya. Guna meningkatkan sosialisasi program kerjanya APMI telah bergabung serta melakukan kerjasama dengan organisasi internasional dan nasional diantaranya Cable and Satellite Broadcasting Association of Asia (CASBAA) , Media Partner Asia (MPA), Masyarakat Telematika (MASTEL), Komisi Penyelarasan Teknologi dan Komunikasi Indonesia (KPTIK) dan Masyarakat Industri Konten Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI).

Melalui kerjasama yang telah dilalui sejak tahun 2007 APMI bersama-sama pemerintah secara vertikal dan secara horisontal bersama – sama dengan organisasi teknologi informasi sejenis membangun kolaborasi rintisan sosialisasi program kerja berupa penanganan pembajakan hak siar TV berlangganan, Peningkatan Penetrasi TV berlangganan ,penyediaan sarana bagi start up industry TIK, penyaluran SDM tingkat SMK bidang Teknologi Informasi kedalam dunia industry serta Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia bidang penyiaran yang kegiatannya setiap tahun terus ditingkatkan.

20 Oktober 2002
Akta Notaris Sutjipto No. 78 Th 2002
http://www.apmi.or.id
Asosiasi Piranti Lunak Telematika Indonesia

ASPILUKI dibentuk pada tahun 1990 dan anggotanya adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang peranti lunak (software) dan jasa Teknologi Informasi. Berperan sebagai wadah komunikasi, konsultasi, pembinaan dan koordinasi antar anggota. Membantu pemerintah mengkondisikan suasana yang tepat untuk berkembangnya Karya Cipta dalam bidang piranti lunak dan komputer, mengadakan dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi sejenis baik di dalam maupun di luar negeri.

1990
Perkumpulan
Himpunan Ahli Teknik Penyiaran Indonesia (HATPI)
Jl. H. Daud no.51 Jakarta Barat 11560

Ketua Umum : Ir. Sunarya Ruslan, MSEE
Wakil Ketua Umum : Drs. Darso.
Sekretaris Jenderal : DR. Bambang Winarso, Drs, M.SC.

Keanggotaan : Individual dan Organisasi, berbasis keahlian Radio / Televisi.

Visi : Menjadi lembaga pengkajian dan pengembangan di bidang penyiaran radio dan televisi yang profesional, mandiri, terkemuka, dan terpercaya.

Misi : Menghimpun dan mendayagunakan pemikiran ahli penyiaran. Melakukan riset perkembangan dan kemajuan penyiaran. Memberi informasi dan jasa konsultasi penyiaran. Menyumbangkan pemikiran kepada regulator maupun
masyarakat demi kemajuan penyiaran di Indonesia.

April 1993
Perkumpulan, nomor: AHU-01.AH.01.06 Tahun 2010
021-53673173